Akhir-akhir ini banyak sekali yang menanyakan :
•"Ini kok tiba2 ngeplay sendiri video di facebook?"
•"Shit, quota gw kesedot gara2 ada yang ngepost video di facebook!!"
•"Setiap gw ngescroll di news feed facebook gw isinya video semua bikin ngelag!!"
•Dan banyak lagi yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata...
Jadi, sebenernya untuk me-nonaktifkan autoplay video di Facebook ini sebenarnya facebook telah memberitahu pada saat pertama kali autoplay kita berjalan. Nahhhh, ini yang suka dihiraukan oleh kita semua, ya mungkin itu dikira pop-up message yang kurang penting jadi langsung diclose, hehe.
Ok jadi langsung ke caranya cuma cukup klik :
https://www.facebook.com/settings?tab=videos
Atau bisa dengan cara
1. klik gambar gembok(privacy shortcut), lokasinya di bagian kanan atas, disebelah kanan gambar globe(yang biasa notification masuk situ).
2. See more settings
3. Videos(paling bawah)
Nah, jadi kalo untuk mematikan autoplaynya tinggal kamu ganti ke "Off".
Ok sekian tips sederhana yang saya berikan, semoga bisa mengatasi masalah anda,hehe
Minggu, 04 Oktober 2015
Minggu, 27 September 2015
Bisnis Informatika dini? Kenapa enggak?
1. Rencana membuka berbisnis informatika?
Jika ditanya
seperti itu yang ada dipikiran saya tidak jauh dari “internet”, kenapa? Ya,
karena memang internet di zaman sekarang ini hampir seperti kebutuhan pokok.
Bisa kita lihat dari iklan-iklan di TV, banyak sekali iklan E-Commerce ditayangkan. Rencana yang
mungkin saya lakukan dalam berbisnis informatika adalah E-Commerce. Baik dari pembuatan web, desain dilakukan sendiri.
Untuk yang menunjang dalam E-Commerce ini
saya membutuhkan pengetahuan tentang trik berbisnis dan juga SEO (Search Engine Optimization). Targetnya
mulai dari orang terdekat, seperti keluarga dan teman. Saya sudah mencoba
membantu pembuatan desain produk teman saya dan juga aplikasi pengenalan
sesuatu.
2.
Explore informasi perusahaan yang sukses
bergerak di bisnis informatika!
Saya akan coba melihat kisah sukses dari
pendiri Kaskus yaitu Andrew Darwis.
“Kisah sukses
Andrew, dedengkot kaskus yang dikenal dengan nama mimin di kalangan kaskuser
dalam mendirikan kaskus ini tercetus dari hobi sebuah komunitas kecil berjumlah
tiga orang yang kemudian berkembang menjadi raksasa seperti sekarang ini.
Awalnya dia
kerja paruh waktu di dua perusahaan web design di Jakarta yakni kemana.com dan
indotradezone.com untuk menutupi biaya kuliahnya selama di Amerika karena kedua
orangtuanya tak mampu membiayai.
Tugas dari
dosennya itulah kemudian dikembangkan menjadi portal berita seputar kejadian di
Indonesia yang bertujuan memberikan informasi kepada teman-temannya sesama
Indonesia yang kuliah di Amerika.
Di masa itu,
anggota Kaskus belum ada peningkatan. Sempat bayar sewa hosting dan
mengeluarkan US$8 per bulannya. Untuk mengajak satu anggota saja butuh waktu
lama. Seminggu hanya mampu paling banyak 3 orang. Kondisi ini bertahan selama
dirinya kerja dan sekolah di Amerika.
Bisnis yang
awalnya dijalankan bareng dua rekannya akhirnya menyisakan Andrew tapi mimin
yang satu ini pantang menyerah apalagi ternyata dia mendapat dukungan dari
sahabat dekatnya Ken Dean Lawadinata yang kini CEO Kaskus Networks.
Enam bulan
pertama Andrew dan Ken mengalami jatuh bangun. Mulai dari dimarahi orangtua Ken
yang marah besar karena Ken menghabiskan uang 400 juta tapi gak ada hasilnya
sampai Kaskus nyaris ditutup pemerintah karena disangka situs porno.
Di tengah
terpaan badai, akhirnya mereka menemukan cara kreatif ketika melihat ada
anggota Kaskus dari kalangan artis. Mereka memutuskan mencetak baju bertuliskan
Kaskus dan meminta bantuan artis tersebut memakainya, dan difoto lantas
dimasukkan di situs Kaskus.
Hasilnya positif
Kaskus pun makin dikenal, dan anggotanya semakin berkembang, menyusul
pemasangan iklan yang juga terus bertambah. Pertengahan 2008 saja anggotanya
telah mencapai 360 ribu. Saat ini penghasilannya dari Kaskus sudah 600 juta per
bulan gan.”
Dari cerita
diatas menurut sudut pandang saya yang membuat beliau sukses dalam berbisnis
informatika adalah semangat pantang menyerah dan berani dalam mengambil langkah
serta pintar.
“Tolong jelaskan
dari kisah diatas kenapa semangat pantang menyerah menjadi aspek penting? ”
•”Jangan pernah
menyerah sebelum berperang.”, mungkin anda pernah mendengar kata-kata itu. Ya,
ternyata menang benar, saya juga sering baca kisah-kisah sukses dari berbagai
orang kalau aspek “pantang menyerah” yang sepertinya “simple” itu merupakan
aspek penting. Kalau saya melihat dari kisah beliau (Andrew Darwis), Kaskus awalnya
tidak banyak peminatnya dan 2 rekan kerjanya pun meninggalkan dia sendirian. “Mungkin”(soalnya
saya belum pernah berbisnis informatika) karena itu adalah hobi beliau jadi
beliau tidak menyerah begitu saja(menurut saya hobi yang dijadikan suatu
pekerjaan adalah “luar biasa!!!!!!”). Dengan semangat pantang menyerahnya dia
mendapatkan dukungan dari sahabatnya dan juga solusi yaitu dengan cara “endorse”.
“Kalo aspek berani
dalam mengambil langkah serta pintar, anda melihat dari mana?”
•Kalo yang ini
saya melihat dari “Mulai dari dimarahi orangtua Ken yang marah besar karena Ken
menghabiskan uang 400 juta tapi gak ada hasilnya sampai Kaskus nyaris ditutup
pemerintah karena disangka situs porno”. Nilai 400 juta itu nilai yang tidak
kecil. Untuk para pemula yang ingin membuat bisnis baru, memang mengeluarkan
uang yang banyak untuk modal memang agak sulit karena pemula itu masih bingung
cara memutar uangnya harus bagaimana(saya pernah baca disalah satu forum).
Banyak juga pemulai yang mempunyai modal banyak karena orangtuanya yang
memberikannya, tetapi bisnisnya tidak berkembang. Nah, kembali ke masing-masing
pribadi, karena untuk membuka bisnis tidak semudah seperti membalikan telapak
tangan.
semoga postingan ini bermanfaat bagi saya dan pembaca :)
Sabtu, 05 Juli 2014
Analisis Web
Desain Tampilan
Desain tampilan memiliki peran yang sangat penting.
Karena hal inilah yang pertama kali menjadi fokus utama user saat mengunjungi
sebuah halaman website. Pada tahap ini ada tiga hal yang akan penulis analisis
berkenaan dengan desain tampilan website Staffsite Gunadarma, yaitu :
1. Kesesuaian Penggunaan Warna Tampilan
Pemakaian warna dalam tampilan sebuah website cukup
penting artinya. Karena semakin baik pemakaian keseuaian warna, maka semakin
baik website tersebut, dan menarik perhatian user. Pada Tampilan Website
Staffsite Gunadarma ini menggunakan perpaduan warna background yaitu
warna biru (hampir mendekati ungu) dan putih.
Dengan memakai dua warna dasar, sehingga website ini
terbagi menjadi dua sisi. Sisi yang kiri untuk keperluan pengajar sedangkan yang
sebelah kanan digunakan oleh mahasiswa atau user untuk mencari nama pengajar.
2. Kesesuaian penggunaan font
Pemakaian huruf juga penting dan berpengaruh dalam
sebuah website. Pada website ini pemakaian font yang ada terasa nyaman untuk
dilihat. Keselarasan warna background dengan font amat diperhitungkan dalam
pembuatan website ini. Jika background berwarna putih maka font yang digunakan
berwarna hitam (yang dominan), begitupun jika background berwarna biru maka
font berwarna putih. Namun untuk ukuran font pada bagian kiri dirasa amat kecil
sehingga untuk orang yang pernglihatannya kurang jelas terasa tidak membantu.
Link yang ditampilkan juga berwarna kuning sehingga sangat kontras dengan warna
putih.
3. Link dan Navigasi
Pada tampilan awal website, tidak terdapat banyak
link-link dikarenakan memang fungsi dari website ini adalah untuk mencari
daftar dosen yang mengajar di Universitas Gunadarma. Jadi link yang tersedia
adalah hanya link untuk menampilkan prosedur pembuatan Staffsite dan link untuk
menampilkan daftar nama pengajar yang ada di Universitas Gunadarma.
Berikut tampilan secara keseluruhan dari tampilan
halaman utama (home) pada website ini.
Isi dan Informasi
Isi dan informasi merupakan hal penting dalam sebuah
website. Karena, hal inilah yang dicari dan dibutuhkan oleh user. Semakin
update, baik, dan bermanfaat bagi user maka semakin baik sebuah website
tersebut. Ada tiga hal yang penulis analisis pada tahap ini, meliputi :
1. Update data dan informasi
Karena tujuan awal dari website ini sebagai media
untuk pengajar memberikan materi yang di ajarkan di kelas. Maka pada tampilan
awal website ini hanya berupa inputan untuk memasukkan nama pengajar yang
terdapat di Universitas Gunadarma kemudian mahasiswa dapat menuju ke homesite
dari pengajar yang namanya sudah diinputkan di awal tadi. Jika mahasiswa atau
user tidak mengetahui nama lengkap dari pengajar yang ada maka user tersebut
dapat mengklik link yang terdapat di bawah label search.
Namun ketika user menginput sebuah nama, user tidak di
bantu dengan adanya list nama pengajar yang berkaitan dengan inputan yang
diinput oleh user tersebut. Jika inputan yang dimasukkan tidak tepat maka
inputan dinyatakan tidak berhasil ditambah dengan tidak adanya bantuan
alternatif berupa nama pengajar yang berkaitan dengan nama yang diinputkan tadi.
2. Layanan website
Setelah mahasiswa menginputkan nama pengajar maka
selanjutnya tampilan akan menuju ke homesite pengajar yang sudah dinputkan
namanya terlebih dahulu. Pada halaman homesite pengajar tersebut terdapat
beberapa link yang digunakan untuk menuju ke halaman yang berkaitan. Link-link
tersebut yaitu link home, download, news n link, publications, blog.
Halaman Home berisi tentang identitas pengajar yang
dituju seperti nama, tempat tinggal, no telpon, posisi, dan banyak lagi
lainnya.
Selain
itu juga terdapat mengenai pelayanan dan informasi siswa yang di lakukan
secara online :
Berisi
informasi yang berkaitan dengan penyelenggara kegiatan belajar mengajar
dan administrai bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma
Merupakan media pembelajaran virtual bagi siswa.
Berisi
informasi jadwal kuliah, jadwal ujian, jadwal mengajar dosen, ruang kerja
dosen, jadwal kursus dan workshop. Serta informasi lowongan kerja.
Merupakan
situs resmi mahasiswa gunadarma dan melalui situs ini pelayanan
administrasi akademik dilakukan.
Berupa pelayanan perpustakaan secara online.
Situs yang berisi informasi terkini mengenai Universitas Gunadarma.
Situs
yang berisi materi yang berisi materi yang berkaitan dengan mata kuliah yang
dapat di unduh secara gratis oleh mahasiswa.
Situs
yang berisi artikel yang berasal dari prosiding suatu seminar ilmiah di dalam
maupun di luar lingkungan gunadarma serta jurnal ilmiah universitas
gunadarma.
Sumber :
•http://staffsite.gunadarma.ac.id/
•http://indra-octadwianto.blogspot.com/2013/03/analisis-web-gunadarma.html
•http://dinaanjani04.blogspot.com/2014/07/analisis-web-universitas-gunadarma.html
Sumber :
•http://staffsite.gunadarma.ac.id/
•http://indra-octadwianto.blogspot.com/2013/03/analisis-web-gunadarma.html
•http://dinaanjani04.blogspot.com/2014/07/analisis-web-universitas-gunadarma.html
Jumat, 16 Mei 2014
Web
Situs web
Situs web (bahasa Inggris: web
site) atau sering disingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web
yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan
berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web
biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses
melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui
alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat
diakses publik di internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih
dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs
internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua
situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web
mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan
meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang
terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan
pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain.
Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati
privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
Sebuah halaman web merupakan
berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan
dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau
XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas
tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti
layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.
Halaman-halaman web tersebut
diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai
HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang
lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan
melalui protokol HTTPS.
Sejarah
Penemu situs web adalah Sir
Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan
jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang
situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada
sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat
dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh
publik.
Sebuah situs web bisa berupa
hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari
suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web
merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu.
Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain,
demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan
antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs
web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan
pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan
perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta
menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa
Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information
Services (IIS).
Perbedaan Website,
Webpage dan Blog
Setelah memahami sedikit
pengertian dari website, tentunya untuk bisa membedakan antara website, webpage
dan blog akan lebih mudah dipahami. Website biasanya terdiri dari beberapa
halaman dimana berisi tulisan, image, video dll. Sedangkan webpage sendiri
bermakna halaman web dalam terjemahan Indonesianya. Jadi webpage adalah isi
dari beberapa halaman atau tulisan dari sebuah situs website tersebut.
Sedangkan Blog adalah halaman
website yang berisi berbagai macam tulisan pribadi atau sebagai buku harian
online. Jadi hampir sama dengan webpage yang bermakna tulisan pribadi dari
website. Untuk bisa menulis di blog anda bisa memanfaatkan blog gratis yang ada
di internet. Seperti blog gratis dari blogger.com, wordpress.com, multiply.com,
blogdetik.com, dagdigdug, blogsome dll.
Nama domain (Domain
name/URL – Uniform Resource Locator)
Nama domain atau biasa disebut
dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan
untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah
alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet.
Contoh : http://www.baliorange.net
Nama domain diperjualbelikan
secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Setelah Nama Domain itu
terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna disediakan
sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna lupa/tidak
memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di lepas lagi
ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi
ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut.
Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz,
name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :
- .co.id : Untuk Badan Usaha yang
mempunyai badan hukum sah
- .ac.id : Untuk Lembaga
Pendidikan
- .go.id : Khusus untuk Lembaga
Pemerintahan Republik Indonesia
- .mil.id : Khusus untuk Lembaga
Militer Republik Indonesia
- .or.id : Untuk segala macam
organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id”
dan lain lain
- .war.net.id : untuk industri
warung internet di Indonesia
- .sch.id : khusus untuk Lembaga
Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
- .web.id : Ditujukan bagi badan
usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide
Web.
Rumah tempat website
(Web hosting)
Web Hosting dapat diartikan
sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data,
file-file, gambar, video, data email, statistik, database dan lain sebagainya
yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung
dari besarnya web hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar web hosting
semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website.
Web Hosting juga diperoleh dengan
menyewa. Pengguna akan memperoleh kontrol panel yang terproteksi dengan
username dan password untuk administrasi websitenya. Besarnya hosting
ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte).
Lama penyewaan web hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting
dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai
baik di Indonesia maupun Luar Negeri. Lokasi peletakan pusat data (datacenter)
web hosting bermacam-macam. Ada yang di Jakarta, Singapore, Inggris, Amerika,
dll dengan harga sewa bervariasi.
Jenis jenis website
berdasarkan sifatnya adalah:
•Website Dinamis, merupakan
website yang contentnya dapat berubah setiap saat. Contoh dari website dinamis
ini antara lain adalah wikipedia, detik, tokobagus dan blog tentang internet
marketing ini. Faktor utama yang membuat
sebuah web menjadi dinamis adalah Content Management System. Dengan adanya CMS
ini, siapapun yang memiliki akses ke administrator website dapat mengupdate
contentnya dengan sangat mudah.
•Website Statis, merupakan
website yang jarang sekali dirubah karena memang tidak diperlukan perubahan
yang sangat sering. Contohnya adalah website company profile dan website profil
organisasi. Website statis seringkali juga berfungsi hanya sebagai brosur atau
kartu nama digital perusahaan.
Selain sifat, biasanya
jenis website juga dibedakan berdasarkan fungsi utamanya. Selanjutnya dibawah
ini adalah jenis-jenis website apabila dibedakan berdasarkan fungsinya:
•Search Engine. Website Search
Engine adalah website yang menyediakan layanan mesin pencari. Fungsi dari
website ini adalah sebagai pencari website lain.
•Blog. Blog ini bisa dibilang
catatan harian dari pemilik website. Isi yang tercantum di blog ini biasanya
berupa cerita atau pemikiran-pemikiran. Fungsi dari situs ini adalah publikasi
artikel / content yang berfokus pada manajemen artikel.
•Networking. Contoh dari website
networking ini adalah facebook dan twitter, dimana website menyediakan
fasilitas untuk para member agar dapat berinteraksi dengan member yang lain.
•Forum. Website jenis ini
sebenarnya mirip dengan website networking, namun lebih berfokus pada kemampuan
para member untuk berdiskusi maupun bertukar informasi dan pemikiran. Forum
terbesar di Indonesia saat ini adalah kaskus.
•News. Situs jenis ini berfungsi
untuk mengelola dan mempublikasikan berita kepada para pengunjung di internet.
Website berita yang paling banyak pengunjungnya di Indonesia sekarang ini
adalah detik.
•Gallery. Fungsinya adalah
menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online, mengelolanya,
kemudian mempublikasikannya. Contoh website gallery adalah picasa.
•Multimedia. Siapa yang tidak
tahu Youtube? Itulah contoh website multimedia, dimana kita dapat melakukan
streaming untuk video, maupun audio tanpa mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk
mengakses situs seperti ini akan diperlukan internet dengan kecepatan koneksi
yang cukup tinggi.
•E-Learning. Biasanya situs ini
dimanfaatkan oleh organisasi pendidikan untuk menyediakan fasilitas belajar
melalui internet. Pembelajaran dapat menjadi interaktif dengan adanya website
e-learning ini. Contohnya adalah website-website universitas.
•E-Commerce. Website E-Commerce
adalah yang paling boom-ing sekarang ini. Website jenis ini berperan sebagai
toko virtual dimana para pengunjung dapat melakukan aktivitas dimulai dari
melihat-lihat hingga membeli barang yang mereka inginkan. Contoh website
E-Commerce yang paling terkenal adalah E-Bay.
Ditinjau dari segi
bahasa pemrograman yang digunakan, website terbagi atas:
•Server Side, merupakan website
yang menggunakan bahasa pemrogram yang tergantung kepada tersedianya server.
Seperti, PHP, ASP dan lain sebagainya. Jika tidak ada server, website yang
dibangun menggunakan bahasa pemrograman di atas tidak dapat berfungsi
sebagaimana mestinya.
•Client Side, adalah website yang
tidak membutuhkan server dalam menjalankannya, cukup diakses melalui browser
saja. Misalnya, html.
Dan dengan adanya Web
kita bisa :
• Jarak tidak menjadi masalah,
dapat berhubungan secara langsung tanpa mengenal batas propinsi, kota, desa bahkan Negara.
• Dapat mengirim pesan sehingga
suatu saat di update dapat melihat.
• Usaha dan bisnis dapat mencapai
target lebih cepat.
• Semua orang akan mengenal
bisnis dan profil kita.
• Membuka diri dengan dunia
• Dapat dengan mudah
memperkenalkan Daerah, Sekolah, Perusahaan atau Usaha kita.
Sumber :
Sabtu, 12 April 2014
Definisi dan Sejarah Web Science
Definisi Web Sience
Web Science merupakan salah satu
penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau
situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks,
data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari
semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu
rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan
jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Science adalah segala sesuatu
yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi
kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri
merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang
mempelajarinya.
Web Science dapat disimpulkan
yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari
sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju
ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga
memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
Sejarah Web
WWW adalah suatu program yang
ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin
menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau
mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program
peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee
berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan
pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari
sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
WWW dikembangkan pertama kali di
Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989
Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian
pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam
lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara
luas pada jaringan Internet.
a. Pre Web :
Pre-web adalah era dimana
prototype seperti memex, usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian
berevolusi menjadi internet. Internet sendiri adalah tempat dimana web muncul
pertama kalinya ke publik sampai saat ini.
- The Memex
(Memory Index)
The memex (sebuahsingkatan dari
"memori" dan "index") adalah nama hipotetis proto-hypertext
sistem yang Vannevar Bush jelaskan pada tahun 1945 pada artikel bulanan The
Atlantic " As We May Think "(AWMT). Bush membayangkan memex sebagai
perangkat di mana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku
mereka, catatan, dan komunikasi, "mekanis sehingga dapat berkonsultasi
dengan melebihi kecepatan dan fleksibilitas." The memex akan memberikan
"suplemen intim yang diperbesar ke memori seseorang". Konsep memex
mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem (akhirnya mengarah ke
penciptaan World Wide Web ) dan basis pengetahuan personal software.
- HyperText
Hypertext adalah sebuah bahasa
markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai
informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext
sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan
tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam
perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga
menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa
yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut
dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar
yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini
merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya
oleh World Wide Web Consortium (W3C).
- Internet
Internet (kependekan dari
interconnection-networking) secara harfiah adalah sistem global dari seluruh
jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol
Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala
Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara
global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet
switching communication protocol). Rangkaian jaringan internet yang terbesar
dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan
Internetworking.
- Usenet
Singkatan dari user network,
merupakan salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya
didesain pada Duke University ditahun 1979 dan dikembangkan pada Duke University dan North Carolia
University setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah untuk bertukar
pesan teks (text message) di antara node (komputer yang terhubung pada
jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam forum dan juga
newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
- FTP(File
Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol
Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini
untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas
komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi
yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara
server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas
sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP.
Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus
transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta
mengunduh berkas dari server FTP.
Gopher adalah protokol layer
aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan
dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu,
protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap
awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
Gopher adalah, Program berbasis
teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internetpada berbagai server
gopher. Pengertian Gopher dari sumber lain adalah suatu aplikasi perangkat
lunak yang tesusun atas beberapa menu sistem pencarian dan penemuan kembali.
Situs Gopher adalah komputer yang
menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara
mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke
sebuah informasi tertentu. Pojok Pedia Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran
file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
Gopher yang memiliki sistem
berbasis menu paling dasar ini menyediakan konektifitas yang saling berhubungan
antara file-file pada komputer-komputer Internet. File-file ini nampak seperti
direktori berseri di seputar menu Gopher yang sebenarnya file-file tersebut
berlokasi di komputer lain.
Gopher menyediakan akses ke
dokumen teks, Grafik dan suara digital hanya dapat dimasukkan dalam kumpulan
sebuah dokumen, yang harus didownload ke komputer lokal, dan baru kemudian
dapat dilihat dengan program lain.
Gopher juga memungkinkan akses ke
beberapa fasilitas lain yang ada diinternet seperti Telnet untuk melakukan
hubungan komunikasi jarak jauh.
Manfaat Aplikasi Gopher ini
adalah user tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan
di akses. Gopher sendiri merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna
internet dapat mengakses berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan
sistem dengan otomatisasi dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan
menggunakan hirarki.
b. Perbedaan Web
1.0, 2.0, dan 3.0
- Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi
pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah
cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada
generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan
memiliki sifat yang sedikit interaktif. sejak tahun 1992 mulai memperkenalkan
beragam web browser, serta mendorong pertumbuhan pemanfaatan Web sebagai penyedia
informasi. Pada tingkat ini web masih bersifat read only. Contoh dari jenis web
ini, biasanya masih bersifat HTML dan hanya berisi tentang tulisan pribadi.
- Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama
kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web
generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara
online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web
2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan
internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami
berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Web
2.0 mulai menjadi trend pada tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read only
menjadi read write. Aplikasi berbasis Web semakin banyak diterapkan. Contoh
dari jenis web ini,seperti Wikipedia, Blog, Friendster. Yang sudah mulai
mengenal dengan web interaktif social network.
- Web 3.0
definisi untuk Web 3.0 merupakan
rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan
pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar
manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan. Sangat beragam
mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web
berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John
Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang
efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data
online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya
Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web
yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti
manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan
digunakan oleh perangkat lunak (software agents) .Teknologi Web 3.0 atau Web
Semantik ini secara teknik dalam pencarian di mesin pencari akan mencari hasil
yang dicari. Sebagai contoh, di dalam web 2.0 jika ingin mencari informasi di
mesin pencari dengan keyword “Kapan Tanggal Kemerdekaan Republik Indonesia”
maka hasil yang dikeluarkan adalah web dengan informasi yang mengandung keyword
“Kapan Tanggal Kemerdekaan Republik Indonesia“, sedangkan di Web 3.0 ini nanti
hasil yang ditampilkan adalah berupa hasil yang dicarinya yaitu “17 Agustus
1945“. Semantic web mempunyai kelebihan mampu untuk membuat aplikasi komputer
yang dapat memahami bahasa manusia, bukan bahasa yang baku dari para penguna
tetapi juga bahasa yang lebih kompleks. Jadi bahasa yang digunakan tidak lagi
bersifat teknis tapi sudah seperti bahasa dalam percakapan sehari-hari ,
sehingga dapat mempermudah interaksi dan komunikasi dengan mesin atau komputer.
Tidak seperti web 2.0 yang terasa sulit untuk melakukan hal-hal diatas, mungkin
web 3.0 merupakan sebuah terobosan dalam dunia web untuk mempermudah semua
aktivitas.
c. Pertumbuhan
Sosial dan Ekonomi
Pertumbuhan social pada era
globalisasi kini berkembang begitu cepat, terutama di Negara Indonesia, banyak
sekali anak muda saat ini lebih memanfaatkan kecanggihan teknologi baik dalam
bidang social untuk berkomunikasi secara individu atau berkelompok.dibandingkan
dengan dulu , orang-orang lebih memanfaatkan surat pos untuk mengirim dengan
rekan-rekannya.Namun hal ini dapat berdampak buruk bagi kalangan yang kurang
terpenuhi kebutuhannya baik itu dalam bidang pendidikan maupun
material,Sekarang pertumbuhan ekonomi pun kian menaik begitu cepat, semenjak
era globalisasi ini orang-orang lebih mementingkan kebutuhan hidupnya dengan
barang-barang teknologi yang begitu canggih dan mampu menjawab setiap kebutuhan
baik itu tuntutan bidang pekerjaan, pendidikan, maupun bisnis dikalangan
manapun.
Hal inilah dampak dari era
globalisasi , kebudayaan tradisional semakin menurun, dan modernisasi menjadi
semakin meningkat, namun upaya kita adalah bagaimana caranya menggabungkan
keduanya itu supaya bermanfaat bagi kalangan manapun yang membutuhkannya.
d. Web Science dan
Metodologi Web Science
Web Science juga berarti
cara-cara atau metode-metode yang digunakan dalam membuat website yang baik
atau dengan kata lain bias di bilang Web Science adalah ilmu pengetahuan yang
sudah dilakukan penelitian dari Web yang muncul melalui desentralisasi sistem
Informasi. Dalam hal ini membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada
pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat disadari
bahwa World Wide Web atau yang sering disingkat (www) adalah teknologi yang
baru berusia beberapa tahun. Asal-usul dari Web science dapat ditemukan dalam
Penelitian Ilmu Web Science Research Initiative (WSRI) yang didirikan pada
tahun 2006 yang kemudian mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web Science
Trust.
Proses dari web science sendiri
terdapat beberapa tahapan, seperti yang dipaparkan didalam presentasi Tim
Berners-Lee, berawal dari isu yang beredar atau masalah yang timbul di kalangan
masyarakat sehingga dapat memunculkan berbagai ide manusia yang tentunya dapat
memberikan manfaat bagi masyarakat social. Ide yang didapat kemudian dapat
direalisasikan dalam bentuk teknologi yang kita ciptakan atau dengan
mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya.
Setelah ide terealisasi, tentunya
teknologi tersebut akan menimbulkat dampak atau efek mikro dan makro yang pada
akhirnya akan membawa kita pada isu atau masalah baru. Dalam presentasinya, Tim
Berners-Lee memberikan beberapa contoh yaitu proses terciptanya email dan blog.
Misalnya pada proses terciptanya
sebuah email, berawal dari kebutuhan seseorang untuk berkomunikasi lebih
lagi(Issues), dan dengan melihat kebutuhan serta keadaan yang ada dimana
manusia memiliki masalah dengan jarak dan waktu untuk berkomunikasi, maka
muncullah ide untuk membuat sebuah pesan yang dapat dikirim melalui internet (Idea),
setelah itu dengan mengembangkan teknologi yang ada, terciptalah email yang
menimbulkan dampak makro berupa interconnected academia yang menyebabkan
timbulnya masalah atau issues baru.
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian
sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan
mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti
atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya
dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang
berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping)
dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung,
2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari
web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah
metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan
untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan
dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti
akademisi.
Sumber :
http://andrew-jonathan.blogspot.com/2013/04/definisi-web-science-dan-sejarah.html
Langganan:
Postingan (Atom)